Mendeskripsikan Fungsi Komunakasi
1, Penggunaan Internet untuk Komunikasi
E-mail
(Electronic Mail) merupakan salah satu fasilitas tertua dalam
penggunaan Internet. E-mail merupakan fasilitas Internet yang paling
banyak dimanfaatkan oleh pengguna. Setiap hari hampirjutaan pesan
dikirimkan ke segala tujuan. Dengan adanya e-mail maka akan mempermudah
orang dari seluruh penjuru dunia untuk saling berkomunikasi dalam waktu
singkat.
Salah satu alasan disebarluaskannya penggunaan Internet
sebagai jaringan komputer internasional adalah karena fleksibilitas dari
berbagai jenis komputer yang dapat terhubung dengan Internet. Jadi, apa
pun jenis komputer kamu (Macintosh, PC, atau jenis komputer lainnya),
apa pun cara yang kanm gunakan untuk mengakses Internet (dengan modem
atau dari sebuah LAN), dan apapun jenis program e-mail yang kamu
gunakan, kamu akan tetap dapat mengirim dan menerima surat melalui
Internet.
Terdapat dua jenis layanan e-mail, yaitu sebagai berikut:
1 . E-mail yang berbasis web
Pada
e-mail jenis ini, seluruh aktivitas mengirim atau menerima e-mail
dilakukan melalui sebuah situs yang disebut dengan web mail Setiap kali
akan menggunakan e-mail, pengguna hams terhubung terlebih dahulu dengan
Internet. Beberapa web mail penyedia layanan Internet gratis sudah
banyak tersedia di Internet, misalnya TelkomNet Mail, Yahoo Mail,
Hotmail.
2 . E-mail yang berbasis client
Dibutuhkan sebuah
perangkat lunak apabila akan menggunakan e-mail pada e-mail jenis ini,
misalnya Eudora atau Microsoft Outlook. Fasilitas yang disediakan
perangkat lunak tersebut, antara lain fasilitas untuk menulis dan
mengolah e-mail tanpa harus terhubung dengan Internet.
2. Fungsi E-mail sebagai Alat Kbmunikasi
E-mail
berasal dari kata electronic mail. E-mail atau surat elektronik adalah
suatu cara untuk mengirimkan pesan dalam format data elektronik dari
satu komputer ke komputer lainnya. Pesan yang terdapat pada e-mail
dibuat dengan pengolah kata yang menghasilkan suatu dokumen dan kemudian
dikirimkan secara elektronik dengan menggunakan komputer. Komputer
tersebut terhubung dengan komputer lainnya (misalnya, dengan modem) dan
data dikirimkan melalui jalur tersebut. E-mail merupakan alat komunikasi
yang mudah, murah, dan cepat.
Penggunaan e-mail memungkinkan data
dikirim secara elektronik sehingga sampai di tujuan dengan sangat cepat.
Kamu dapat mengirim^berupa program, gambar, grafik, dan file lainnya.
Kamu juga dapat mengirim e-mail ke beberapa orang sekaligus pada saat
yang bersamaan.
E-mail juga dapat digunakan untuk mengirimkan surat
atau ucapan selamat kepada keluarga di kampung halaman atau di luar
negeri. Dalam bidang bisnis, e-mail sudah digunakan untuk melakukan
kesepakatan bisnis atau mengirimkan dokumen penting.
Selain
memberikan banyak manfaat kepada para penggunanya, e-mail juga mempunyai
dampak negatif. Misalnya, sebagai alat penyebaran virus komputer dan
alat komunikasi orang yang mempunyai tujuan buruk lainnya, seperti para
teroris yang menggunakan e-mail untuk menghubungi anggotanya di belahan
dunia lain untuk melakukan rencana jahat mereka.
Terdapat banyak cara untuk mendapatkan e-mail, diantaranya adalah sebagai berikut.
1. Melalui penyedia e-mail gratis
Cara
ini merupakan cara paling mudah untuk mendapatkan e-mail. Kamu tinggal
mengunjungi web penyedia tersebut, mengisi datapribadi lalu kamu pun
akan memiliki e-mail secara instan. Contoh penyedia layanan ini adalah
Yahoo (mail.yahoo.com), Plasa (www.plasa.com), Telkom (www.telkom.net).
2. Undangan dari teman
Cara
kedua ini adalah melalui undangan {invite) dari temanmu yang telah
memiliki account pada penyedia layanan e-mail tersebut, Kamu tidak dapat
mendaftarkan diri tanpa undangan dari salah seorang yang telah menjadi
anggota. Contoh layanan ini adalah layanan e-mail yang disediakan oleh
Google (mail. gmail.com).
3. Dari Internet Service Provider (ISP)
ISP
adalah perusahaan yang melayani koneksi Internet. Beberapa contoh ISP
di Indonesia, antara lain IndosatNET, WasantaraNet, danINDO.NET. Koneksi
Internet dilakukanberdasarkanjumlahjam akses atau hak pakai selama 24
jam per hari. Kamu harus mendaftarkan diri kepada penyedia layanan
tersebut untuk mendapatkan layanan e-mail.
4. Dari perusahaan
E-mail
yang diperoleh dari perusahaan adalah e-mail yang diberikan oleh suatu
perusahaan. Ciri khasnya adalah alamat e-mail ini memiliki identitas
perusahaan di mana e-mail tersebut terdaftar. Untuk mendapatkan e-mail
jenis ini, seseorang harus menjadi karyawan dari perusahaan tersebut.
5. Memesan sendiri
Cara
ini bertujuan untuk mendapatkan alamat e-mail khusus yang dapat kamu
tentukan sendiri, mulai dari nama domain, identitas kamu, serta
fasilitas yang ingin kamu dapatkan dari e-mail tersebut. Untuk
mendapatkannya, kamu harus memesan domain terlebih dahulu, kemudian
memesan paket hosting untuk server kamu, baru kemudian kamu akan dapat
menggunakan e-mail tersebut
B . Mendeskripsikan Persamaan dan Perbedaan Mailbox <>»sty viruses Out of your life
enggunakan E-mail untuk Komunikasi
Jr r
3. Jika kamu ingin mengetahui apakah terdapat pesan atau tidak, kamu cukup melihat dan mengklik tulisan
Inbox. Jika terlihat angka satu (1) maka pesan yang kamu terima sebanyak satu buah surat, seperti terlihat
pada Gambar 3,8, Dalam tampilan login, selain terdapat kotak surat (Inbox) j uga terdapat draft, surat yang
telah dikirim (Sent), surat yang terkena spam (Bulk), dan surat yang telah dihapus (Trash).
4. Klik salah satu subjek e-mail yang akan kamu baca (Gambar 3.9), sehingga halaman e-mail yang akan
E-mail
alias adalah sebuah alamat e-mail yang menunjuk pada alamat e-mail lain
yang telah ada, merupakan alamat e-mail yang berbeda.
Kamu
mungkin per nah atau sering menerima e-mail dari MAILER-DAEMON@.... atau
Mail Delivery System, yang memiliki Subject Failure Notice (atau
judul-judul lain yang sejenis). Banyak para pengguna Internet (netter)
awam yang bingung dengan e-mail seperti itu.
E-mail MAILER-DAEMON
kira-kira sama seperti peristiwa ketika kamu mengirim surat ke sebuah.
alamat, namun surat itu dikembalikan pada kamu dengan alasan si penerima
tidak dikenal, alamat tidak jelas, si penerima sudah pindah, dan alasan
lainnya. Dengan kata lain, ketika kamu menerima e-mail MAILER-DAEMON,
artinya e-mail kamu gagal terkirim ke alamat tujuan.
Alasannya tentu
bermacam-macam, seperti halnya alasan kegagalan pengiriman surat kamu
melalui kantor pos. Sebenarnya, jika kamu cukup cermat dan dapat
berbahasa Inggris (cukup bahasa Inggris yangpas-pasan saja), memahami
e-mail MAILER-DAEMON tidaklah sulit. Pada setiap e-tnailMAILER-DAEMON,
biasanya terdapat alasan kenapa e-mail tersebut gagal terkirim.
Alasan-alasan yang paling umum adalah
1. Over Quota
Biasanya
setiap account e-mail memiliki kuota atau kapasitas maksimum. Sebagai
contoh, Webmail CBN memiliki kuota 5 MB. Jika isi mailboxkamu di Webmail
CBN telah mencapaibatas 5 MB maka pada saat itu mailbox kamu telah
penuh (over quota), sehingga kamu tidak dapat menerima e-mail baru.
2. Account Disabled or Discontinued
Jika
kamu memiliki e-mail di Yahoo! Mail dan kamu tidak pernah login ke
email kamu selama enam bulanberturut-turut, maka account e-mail'kamu
akan dinonaktifkan. Dalam kondisi ini, semua pesan e-mail di mailbox
kamu akan dihapus dan kamu tidak dapat menerima kiriman e-mailbaru. Hal
ini adalah salah satu contoh kondisi account e-mail "disabled or
discontinued", Account e-mail kamu masih tersedia (belum dihapus), namun
account tesebut dalam keadaan tidak aktif atau tidak berfungsi.
3. Invalid Address
Kondisi
ini sama seperti ketika kamu mengirim surat ke sebuah alamat yang tidak
lengkap (misalnya, tanpa nomor rumah, tanpa nama kota, dan tanpa kode
pos). Alamat e-mail yang kamu tulis tidak valid (salah), sehingga e-mail
kamu tidak pernah sampai ke mana pun.
4. Masih banyak alasan lain. Akan tetapi, ketiga alasan di atas merupakan alasan yang paling umum.
■
1. M.engirim E-mail
Salah
satu fasilitas lain yang disediakan oleh Yahoo! Mail adalah fasilitas
untuk raengirim e-mail. Cara yang digunakan untuk mengirim pesan adalah
sebagai berikut.
1. Langkah 1 sampai langkah 2 sama dengan cara menggunakan e-mail seperti yang telah dijelaskan
sebelumnya.
2. Klik ikon Compose.
3. Selanjutnya, akan munoil halaman Compose
4. Pada kotak To, ketikkan alamat e-mail penerima dan pada kotak Subject ketikkan dengan perihal atau
judul dari e-mail yaxig akan kamu kirimkan. Tulis judul e-mail dengan pendek dan jelas.
5. Pada kotak Cc (Carbon copy), isikan dengan alamat tujuan lain yang mendapat tembusan e-mail. Alamat
e-mail ini akan ditampilkan pada e-mail penerima sehingga penerima tahu siapa saja yang menerima e-
mail.
6. Pada kotak Bcc (Blind carbon copy), isi dengan alamat tujuan lain yang mendapatkan tembusan e-mail,
tetapi alamat ini tidak ditampilkan di sisi penerima sehingga penerima e-mail tidak mengetahui siapa saja
yang menerima e-mail'ini. Kolom ini dapat dikosongkan apabila kamu tidak menginginkan orang lain
menerimanya. Untuk memunculkan kotak Cc dan Bcc, pada bagian Options -> General Preferences -> pilih
Always show as fields.
1. Selanjutnya, ketik isi e-mail yang ingin kamu kirimkan pada kotak editor.
8. Klik tombol Send untuk mengirimkan e-mail.
9. Selanjutnya, akan muncul halaman konfirmasi pengiriman e-mail kamu (Gambar 3.12).
10. Klik Back to Inbox untuk kembali ke kotak surat (inbox)
2. Mengiiim Attachment File dalam E-mail
' '" '
Ketika
melakukan pengiriman e-mail, selain bentuk teks kamu juga dapat
mengirimkan atau menyertakan lampiran lain berupa_/i/e atau dokumen
melalui e-mail dengan menggunakan fasilitas attachment. Jika kamu ingin
mengirimkan^ sekaligus di dalam pesan e-mailyang akan kamu kirimkan,
kamu dapat melakukannya menggunakan langkah-langkah berikut.
1. Setelah kamu menuliskan pesan di kotak teks editor (Gambar 3.13), langkah selanjutnya klik tombol Attach Files.
2.
Selanjutnya, akan ditampilkan kotak dialog Attach Files,Pilih file yang
akan kamu sertakan dengan cara mengklik tombol Browse Nama file yang
kamu pilih akan muncul pada File 1 dan File 2
3. Klik attach file
4. Selanjutnya akan ditampilkan kotak proses pengambilan file
5. jika proses berhasil,maka kita dapat mengklik tombol Continue to message
6. Klik tombol Send untuk mengirim email beserta lampiran.
KODE ETIK PENGGUNAAN EMAIL
1. Hindari penggunaan huruf kapital terhadap seluruh isi pesan
2. Hormati prifacy orang lain
3. Ingatlah bahwa tidak semua orang bisa menerima semua hal yang kamu anggap lucu
4. Jangan teruskan surat berantai
5. Jangan melakukan spam
6. Perhatikan dulu susunan email
7. Selalu isi bagian subjek, jangan dibiarkan kosong.
8. Gantilah " Subject" atau judul e-mail apabila topik pembicaraan kamu berubah.
Seringkali
setelah saling bertukar e-mail beberapa kali, topik pembicaraan berubah
dari aslinya, tetapi "Subject?' atau judul e-mail belum diganti.
Penggantian judul e-mail ini akan lebih memudahkan seseorang untuk
memperoleh deskripsi isi e-mail yang diterima.
9. Hapuslah pesan "Reply" yang tidak perlu.
Beberapa
perangkat lunak e-mail secara otomatis memunculkan isi e-mail terdahulu
apabila kamu membalas atau melakukan reply. Sebaiknya kamu menghapus
pesan tersebut dan hanya meninggalkan pesan yang benar-benar kamu anggap
perlu.
10. Jangan mudah tersinggung, reaksi berlebihan, atau terburu-buru menghapus suatu e-mail tanpa berusaha
memikirkannya dengan baik,
Dalam
bahasa tulisan, kita memiliki waktu untuk memikirkan bagaimana kita
merespon suatu e-mail yang membuat kita marah atau tersinggung. Begitu
juga dengan berkomunikasi lewat e-mail Apabila kamu merasa dipenuhi
dengan emosi yang kuat, pasti kamu akan membalas dengan emosional juga,
maka
sebaiknya jangan buru-buru membalas e-mail terscbut. Simpan terlebih
dahulu dalam "draftfolder" selama beberapa hari untuk dibaca kembali.
Banyak persahabatan yang hancur gara-gara terburu-bum menanggapi atau
membalas suatu e-mail tawpa berusaha memikirkannya dengan bijaksana.
11. Bersabarlah dalam menunggu balasan (reply).
Ingatlah,
orang tidak hanya hidup dengan Internet. Mereka mungkin tidak membalas
e-ma//kamu dengan segera. Masih banyak orang yang menggunakan Internet
di warung Internet, jadi jangan mengharapkan mereka akan membalasnya
dengan segera.
12. Jangan mengirim e-mail dengan lampiran (attachment) yang terlahi besar, kecuali memang diminta.
Hal ini mengingat banyak pengguna Internet yang masih menggunakan sistem dial-up sehingga ukuran
file yang besar akan memperlambat proses pengambilanj?/etersebut.
13. Hindari kesalahan ejaan ataupun tatabahasa, tetapi tidakperlu mengkritikjika terdapat kesalahan pada
e-mail yang kamu terima.
14. Hindari penggunaan kata-kata "pedas" karena akan membuat orang merasa tidak enak hati,
15. Baca Frequently Asked Question (FAQ) jika kamu baru bergabung dalam sebuah kelompok diskusi.
FAQ atau pertanyaari-pertanyaan yang sering dilontarkan oleh orang biasanya mencantumkan aturan-
aturan yang harus dipenuhi oleh anggota kelompok diskusi yang ingin berkomunikasi.
nfoKorn;
Pesan
dalam e-mail seringkali menggunakan singkatan, seperti BTW (By the way)
atau OTDH (On the other hand). Selain itu, emoticon jugn sering
digunakan. Yang dimaksuddengan emoticon adalah simbol-simbol yang
mengungkapkan emosi
Melalui penyedia e-mail gratis
Menggunakan E-mail untuk Komunikasi
I * Undangan dari teraan I * Dari ISP
* Dari perusahaan
* Memesan sendiri
Pendaftaran E-mail
* Buka situs yang menyediakan
e-mail gratis
* Memilih userlD dan password
* Melengkapi data diri
Menggunakan E-mail
* Melakukan log in dengan userlD
dan
password \ * Mengirim e-mail I * Melakukan attachment f * Melakukan
reply I * Melakukan forward I * Menghapus e-mail I * Ts/Len-download
attachment
2. Melakukan Pencarian Informasi Menggunakan Mesin Pencari (Search Engine)
Selain
menggunakan situs-situs yang sesuai dengan mata pelajaran tertentu,
kamu juga dapat melakukan | pencarian informasi melalui Internet dengan
menggunakan mesin pencari atau lebih dikenal dengan istilah | search
engine. Search engine yang dapat kamu gunakan, antara lain Google,
Yahoo, Aha Vista, Alltheweb, Lyco&M Excite, Web crawler, dan search
engine lainnya.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar